2011, Minahasa Bakal Ketambahan 14 Desa Baru


Lintas Berita Minduk

Tondano, KOMENTAR
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa saat ini sudah menerima 14 proposal usulan desa pemekaran baru. Calon desa baru ini tersebar di 9 kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa. Demikian disampaikan Assisten I Bidang Pemerintahan – F. P. L Loing, SH, melalui Kepala Bagian Pemerintahan Desa (Kabag Pemdes) Setdakab Minahasa – Yorris Tumilantouw.

Menurut dia, pemekaran 14 desa yang baru tersebut, sementara berproses. “Tahun ini akan di seriusi. Jika proses administrasinya sudah lengkap kita segera ditetapkan sebagai desa baru,” kata Tumilantow kepada wartawan.

Katanya lagi, di samping kesiapan pemerintah desa, pemkab dalam waktu dekat akan turun ke lapangan mengecek kesiapan pemerintah, juga terkait penataan batas wilayah. “Ya, karena harus ada penjelasan yang jelas soal batas wilayah antara desa induk dan desa pemekaran serta batas kecamatan dan kabupaten kota,” jelas Tumilantouw sembari menambahkan, dari semua desa yang akan dimekarkan tersebut, sebagian besarnya sudah sesuai dengan aturan, meskipun masih ada beberapa hal yang harus dilengkapi.

Adapun 14 desa yang akan dimekarkan tersebut masing-masing Desa Rumengkor I dan II Kecamatan Tombulu, Desa Watulaney Amian Kecamatan Lembean Timur, Desa Tonsewer Selatan Kecamatan Tompaso, Desa Lemoh II dan Lolah IV Kecamatan Tombariri, Desa Koha Timur, Koha Barat, Koha Selatan, Kali Selatan Kecamatan Pineleng, Desa Atep I Kecamatan Langowan Selatan, Desa Sendangan I dan Tounelet I Kecamatan Sonder serta Desa Kulo.

“Untuk Desa Kulo sendiri, sebagian wilayahnya berasal dari Kelurahan Wewelen Kecamatan Tondano Barat dan sebagiannya dari Kelurahan Sasaran Kecamatan Tondano Utara. Nah, bila Desa Kulo sudah resmi dimekarkan, maka desa tersebut akan masuk pada wilayah Kecamatan Tondano Utara,” pungkasnya.(bly)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s