Galian C Di Minahasa Hasilkan Rp. 1 Miliar Pertahun


Berdasarkan pemberitaan Tribun Manado pada hari Jumat, tanggal 11 Maret 2011, bahwa potensi galian C atau tambang batu di Kabupaten Minahasa memang cukup besar. Daerah ini menjadi penyuplai batu untuk bangunan terbesar di Sulawesi Utara (Sulut). Umumnya batu-batu ini dibawa ke Manado.

Kepala Dinas Sumber Daya Alam dan Mineral Kabupaten Minahasa – Joudy Kapojos menjelaskan, lokasi penambangan galian C terbanyak berada di Desa Tateli Kecamatan Pineleng. Pada lokasi ini terdapat sekitar 12 lokasi tambang batu yang memiliki izin. Sedangkan daerah Tombariri dan Tondano masing-masing hanya memiliki satu wilayah penambangan batu.

Potensi pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Minahasa melalui galian C ini cukup besar. Tahun 2010 silam, PAD nya sampai Rp. 1 miliar. Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar Rp .800 juta. Padahal tahun 2008, jumlah PAD dari galian C hanya sekita Rp. 300 juta,” kata Kapojos.

Kendati bisa meningkatkan PAD Kabupaten Minahasa, Kapojos mengakui, tantangan terbesar yang mereka hadapi adalah kegiatan penambangan batu secara ilegal yang dilakukan masyarakat. Menurutnya, upaya pelarangan selalu dilakukan, namun masih ada warga yang tidak mengindahkan larangan tersebut.

Melihat akan data tersebut, maka ternyata potensi Galian C yang dapat menghasilkan PAD sebesar Rp. 1 miliar bagi Kabupaten Minahasa; berasal dari Wilayah Kecamatan Pineleng dan Tombariri. Hal ini mengisyaratkan bahwa Calon Kabupaten Minahasa Barat (Minbar) sudah sangat layak untuk di mekarkan yang terpisah dari Kabupaten Minahasa.

Oleh : Minbar,-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s