Pemkab Minahasa Kaji Pemekaran 11 Desa


Tribun Manado – Minggu, 27 Februari 2011 13:47 WIB

Share |

Laporan Wartawan Tribun Manado, Lucky Kawengian

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO – Pemkab Minahasa sedang melakukan kajian pada rencana pemekaran sekitar 11 desa di Minahasa.

Asisten I Pemkab Minahasa melalui Kabag Pemerintahan Umum, Joris Tumilantouw saat diwawancarai akhir pekan lalu menjelaskan, kendati baru beberapa bulan mendefinitifkan 39 desa, namun saat ini Pemkab Minahasa kembali mengkaji pemekaran desa. Menurutnya, tahapan pemekaran desa tetap dibuka dan dilaksanakan sesuai permintaan masyarakat.

“Pelaksanaan pemekaran desa bahkan telah ditunjang dengan pembentukan tim khusus. Tim pembentukan dan pemekaran desa ini dibentuk oleh Bupati Minahasa,” ujar Tumilantouw.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, beberapa desa yang sedang dikaji untuk dimekarkan adalah Desa Koha, Pineleng, Lemoh, Lolah Satu, Rumengkor, Kulo, dan beberapa desa lainnya. Menurutnya, semua desa ini harus melewati kajian untuk melihat kelayakannya untuk dimekarkan.
Tumilantouw menambahkan, pelaksanaan pemekaran desa dilakukan berdasarkan Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2005 tentang Desa, dan beberapa aturan lainnya.

“Secara umum, semua desa yang ingin dimekarkan harus memenuhi syarat formal, misalnya jumlah penduduk minimal 1.000 jiwa atau 200 kepala keluarga, adanya sarana dan prasarana desa, serta berbagai ketentuan lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, anggota DPRD Minahasa, Jantje Walewangko mengatakan, dirinya memberikan apresiasi positif pada Pemkab Minahasa yang telah merealisasikan keinginan warga di Tombariri yang ingin dimekarkan. Menurutnya, pelaksanaan pemekaran desa adalah satu dari beberapa cara untuk mempercepat pembangunan.

“Kami optimis jika pemekaran beberapa desa di Tombariri akan berhasil. Beberapa desa di wilayah kami harus dimekarkan agar pelayanan pada masyarakat bisa lebih maksimal. Selain itu, pemekaran desa ini bisa membantu rencana pemekaran calon kabupaten Minahasa Barat,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s