Kebijakan Pemekaran Wilayah & Pembentukan Minbar


Latar belakang dimunculkan wacana pemekaran wilayah dan pembentukan kabupaten baru, oleh karena dirasakan bahwa kurangnya sarana dan prasarana di Kabupaten Minahasa khususnya di wilayah bagian barat, yakni yang terdiri dari Kecamatan Tombariri, Pineleng, dan Tombulu dimana hal tersebut telah menimbulkan kesulitan dalam menjangkau pelayanan pemerintahan, pemberdayaan masyarakat, dan pemerataan pembangunan.

Itulah sebabnya diyakini bahwa strategi kebijakan pemekaran wilayah dan pembentukan suatu kabupaten baru adalah salah satu solusinya.

Pemekaran wilayah dan pembentukan kabupaten baru yang dimaksud adalah memperkecil wilayah administrasi pemerintahan Kabupaten Minahasa dengan cara memberikankan status kepada wilayah Minahasa bagian barat menjadi sebuah kabupaten otonom baru.

Pemekaran wilayah Minahasa bagian barat yang terlepas dari Kabupaten Minahasa menjadi suatu kabupaten baru, yakni Kabupaten Minahasa Barat atau yang disingkat dengan Minbar.

Pembentukan Kabupaten Minahasa Barat, adalah bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan harapan akan dapat memberikan kemudahan dalam hal pelaksanaan pelayanan publik.

Dengan adanya pembentukan Kabupaten Minahasa Barat, maka akan memberikan dampak yang bersifat langsung baik bagi masyarakat dan pemerintah.

Dampak bagi masyarakat, antara lain  biaya yang dikeluarkan akan menjadi lebih ringan, waktu yang dibutuhkan akan lebih singkat, dan adanya kesempatan kerja bagi masyarakat. Sedangkan dampaknya bagi pemerintah, adalah semakin pendeknya rentang kendali dan turunnya biaya administrasi pemerintahan.

Kebijak pembentukan Kabupaten Minahasa Barat adalah tepat dan bermanfaat bagi masyarakat luas apabila ada iktikad yang baik dari pihak yang berkepentingan untuk kesejahteraan umum atau kesejahteraan bersama.

Oleh : N. Raymond Frans – Sekum BMPKMB,-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s