BMPKMB Dukung Pemekaran Desa Oleh Pemkab Minahasa


Tribun Manado – Senin, 28 Februari 2011 – 14:02 WIB

Laporan Wartawan Tribun Manado, Yudith S. Rondonuwu

TRIBUNMANADO.CO.ID,MANADO – Badan Musyawarah Pembentukan Kabupaten Minahasa Barat (BMPKMB) mendukung kebijakan Pemkab Minahasa terkait pemekaran desa yang disesuaikan atas permintaan masyarakatnya.

Hal ini menyusul pernyataan Asisten I Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melalui Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Umum Joris Tumilantouw seperti yang diberitakan dalam Harian Tribun Manado edisi Minggu, (27/2).

Pernyataan Tumilantouw yang menjelaskan, pendefinitifan 39 desa tak akan dibatasi bahkan akan tetap dibuka dan dilaksanakan sesuai permintaan masyarakat mendapat apresiasi wadah yang sedang memperjuangkan pemekaran terbentuknya Kabupaten Minahasa Barat ini.

Sekretaris Umum Presidium Badan Musyawarah Pembentukan Kabupaten Minahasa Barat (BMPKMB) – N Raymond Frans menyatakan usulan pemekaran desa, seperti Desa Lemoh dan Lolah di Kecamatan Tombariri, Desa Pineleng dan Koha di Kecamatan Pineleng serta Desa Rumengkor di Kecamatan Tombulu, proposalnya telah disampaikan oleh masing-masing panitia pemekaran desa tersebut kepada Pemkab Kabupaten Minahasa sejak tahun yang lalu.

Menurut Raymond, desa-desa yang berada di wilayah Kecamatan Tombariri, Pineleng, dan Tombulu; saat ini sudah sangat layak untuk dimekarkan. Hal itu merupakan aspirasi dari masyarakat desa setempat.

“Disamping itu tentunya akan lebih mempercepat proses pemekaran wilayah dan pembentukan Kabupaten Minahasa Barat (Minbar) yang saat ini sangat gencar serta mengkristal dibicarakan oleh berbagai kalangan masyarakat Minahasa,” ungkapnya.

Hal-hal yang mendasari untuk dilakukan pemekaran desa-desa tersebut antara lain yang terutama adalah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat agar kendala geografis, infrastruktur dan sarana perhubungan yang minim dapat teratasi. “Dari sisi ekonomi, akan dapat mempercepat pembangunan di desa karena mendapatkan anggaran dari pemerintah; serta dari sisi keadilan, akan menciptakan keadilan dalam hal pengisian jabatan pubik (kepala desa dan perangkatnya) juga pemerataan pembangunan,” kata Raymond.

Raymond menambahkan, bahwa Presidium BMPKMB sedang melakukan sosialisasi tentang pemekaran desa menuju pada pemekaran wilayah dan pembentukan Kabupaten Minahasa Barat (Minbar). Seperti yang sudah dilakukan di Desa Lemoh dan Desa Koha yang juga dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Minahasa Drs. Jantje Sayouw, Msi, Jantje Walewangko, SH selaku Anggota DPRD Kabupaten Minahasa dari Daerah Pemilihan (Dapil) I, dan AKBP Drs. John Rori sebagai Penasehat BMPKMB.

Penulis : Yudith_Rondonuwu – Editor : Rine_Araro,-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s