BMPKMB Gagas Pembentukan Kabupaten Minahasa Barat


BMPKMB Gagas Pembentukan Kabupaten Minahasa Barat

Kamis, 03 Februari 2011 05:43 WITA | Sulut Update | Dibaca 67 kali

Oleh: Agus Setiawan

Manado, (Antaranews) – Badan Musyawarah Pembentukan Kabupaten Minahasa Barat (BMPKMB) menggagas pembentuk Kabupaten Minahasa Barat (Minbar) yang wilayahnya terdiri dari tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Tombariri, Kecamatan Pineleng, dan Kecamatan Tombulu.

Sekretaris Umum Presidium Badan Musyawarah Pembentukan Kabupaten Minahasa Barat (BMPKMB), N. Raymond Frans mengemukakan hal itu di Manado, Kamis.

Dia mengatakan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di bawah kepemimpinan Gubernur Drs. S. H. Sarundajang, telah menunjukkan kemajuan dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat, namun dalam perkembangannya Provinsi Sulut tentunya perlu ditingkatkan sesuai dengan potensi daerah, luas wilayah, dan kebutuhan pada masa mendatang.

“Dalam rangka peningkatan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, dan pelayanan kemasyarakatan di Kabupaten Minahasaha maka perlu dibentuk Kabupaten Minahasa Barat,” katanya.

Dengan luas wilayah, persebaran, dan pertumbuhan penduduk serta dinamika kehidupan masyarakat yang berada di tiga kecamatan tersebut, sampai saat ini pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat belum sepenuhnya terjangkau.

“Kondisi demikian perlu diatasi dengan memperpendek rentang kendali pemerintahan melalui pembentukan daerah otonom baru, yakni Kabupaten Minbar,” katanya.

Dalam memperjuangkan terbentuknya Kabupaten Minbar, ujar dia, maka masyarakat di tiga kecamatan ini telah membentuk BMPKMB dilengkapi dengan panitia teknis.

Menurut Raymond pihaknya telah mengadakan diskusi terbatas guna memantapkan pembentukan Kabupaten Minbar. Diskusi terbatas tersebut telah menghasilkan program jangka pendek untuk kurun waktu tahun 2011 hingga 2012 dalam mempercepat terbentuknya Kabupaten Minbar.

Program jangka pendek BMPKMB antara lain, adalah Melakukan tatap muka dengan anggota DPRD Kabupaten Minahasa khususnya sembilan anggota yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) I guna mendesak mereka agar secepatnya memproses akan aspirasi masyarakat ini.

Selain itu BMPKMB akan melakukan tatap muka dengan masyarakat yang berada di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Tombariri, Pineleng, dan Tombulu guna mensosialisasikan pembentukan Kabupaten Minbar.

“Disamping itu, Presidium BMPKMB telah menyusun suatu rencana strategis yang nantinya akan di jabarkan dan di laksanakan oleh Panitia Tehnis BMPKMB yang dipimpin John Taroreh, SH. Kegiatan operasional mereka untuk kurun waktu dua tahun kedepan sehingga perjuangan pembentukan kabupaten baru ini dapat tercapai sesuai dengan yang telah direncanakan,” katanya.

Organisasi tersebut telah secara resmi dilaporkan kepada Bupati Kabupaten Minahasa, pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa, dan Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Minahasa pada 2009 lalu.

Sebagai Penasehat yang merupakan penggagas BMPKMB, adalah Johanis Posumah dan beberapa orang tokoh masyarakat. Adapun Ketua Umum Presidium BMPKMB, yakni DR. Ir. W. Donald R. Pokatong, M.Sc dengan Sekretaris Umumnya N. Raymond Frans. Sedangkan Panitia Tehnis BMPKMB – Ketua John Taroreh, SH dan Sekretarisnya Drs. Nico Lumi.

COPYRIGHT © 2011

Read Our Terms Print View Send Friend Comment Follow Us On Twitter!

Komentar Pembaca

semangat ini sudah dilakukan oleh organisasi Paheluman Ne Tombulu yang dibentuk 5 tahun lalu……dan ini dipertegas pada Tombulu bersyukur yang digelar akhir Januari 2011 bertempat di Kalasey I yang menginginkan terbentuknya Minahasa Barat, mari bersatu Paheluman Ne Tombulu jangan ada kepentingan lain selain Kab Minahasa Barat

noldi | Kamis, 03 Februari 2011 14:17 WITA

—————————————————————————————————————-

minbar !!! yes, Presidium, Panitia pemekaran coba bersinergi agar segala program yg sudah dibuat dapat terlaksana. Sosialisasi ke masyarakat lebih ditingkatkan. Mana Baliho dan Stikernya kenapa belum terlihat, Mantapkan dan dorong desa-desa yang harus dimekarkan: Koha, Tateli, Lemoh dan Lolah. Pantau dan telusuri kendala proposal pemekaran yang sudah diusulkan ke Pemkab, MARI RAPATKAN DAN SATUKAN BARISAN UNTUK TERCAPAINYA MINAHASA BARAT YG KITA IMPIKAN

VIKTOR | Sabtu, 12 Februari 2011 23:22 WITA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s